Karpet Tile untuk Kemudahan Dekorasi Ruangan Anda

Efisiensi dan efektifitas adalah dua poin penting yang mesti dipertimbangkan ketika memilih karpet. Kedua poin ini dapat terpenuhi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan karpet tile. Berbeda dengan jenis karpet lain seperti karpet permadani, meski secara bahan dan lapisan yang digunakan relatif sama, akan tetapi karpet tile lebih mudah diaplikasikan dan dirawat.

Karpet tile mempunyai ukuran yang kecil yang umumnya berdimensi 50cmx50cm. Karpet ini ditawarkan dalam bentuk kemasan berisi beberapa lembar karpet. Untuk pemasangannya, Anda cukup mengukur lantai dari ruangan yang akan dipasangi karpet tile. Kemudian, memperhitungkan jumlah dus atau kemasan yang dibutuhkan.

Jenis karpet tile identik dengan pemasangan pada lantai perkantoran, hotel, hingga apartemen. Meski ada pula sebagian orang yang memanfaatkan karpet ini di ruangan rumah mereka. Alasannya sederhana, karena jenis karpet tile umumnya dipasang dengan menutupi seluruh permukaan lantai.  Dengan demikian, biaya pemasangannya jelas lebih tinggi ketimbang menggunakan karpet biasa.

Namun pemakaian karpet tile sepadan dengan tampilan ruangan yang dihasilkan. Tidak hanya menimbulkan citra rapi dan eksklusif, ruangan pun akan terlihat lebih berkelas.

Jenis-Jenis Karpet Tile

Ada beberapa jenis karpet tile yang bisa dipertimbangkan untuk Anda beli. Secara garis besar, pengelompokkan dibuat berdasarkan jenis model atau motif dari karpet tile. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing tipe.

Karpet Tile Tipe Voxflor

Varian warna dari jenis voxflor sangat beragam. Tipe ini terbilang yang paling sering dipilih untuk digunakan pada areal lorong perkantoran, hingga lantai lobi bahkan ruangan bermain di tempat

Karpet Tile Tipe Newspec

Motif yang modern dengan banyak garis dan warna yang cenderung gelap. Tipe karpet tile ini cocok untuk ruangan pelatihan, meeting, hingga ruang kelas institusi pendidikan. Untuk tipe ini, ketahanan bahannya sangat

Karpet Tile Tipe Durafloor

Pada jenis yang satu ini, tampilan desain juga menitk beratkan pada garis-garis degan warna gelap yang lebih netral. Tipe durafloor relatif mudah dipadupadankan dengan jenis furnitur apa saja.

Sebenarnya masih banyak lagi motif-motif lain dari karpet tile di pasaran. Bahkan ada pula yang bisa dibuat secara customized dengan mengikuti desain interior dari ruangan yang Anda miliki. Tentu saja, konsekuensinya adalah harga yang lebih mahal dan jumlah karpet tile yang dibeli harus lebih banyak.

Kenapa Anda  Harus Membeli Karpet Tile?

Anda sudah memahami seperti apa karpet tile dan bedanya dibandingkan alas lantai lain. Namun, sebenarnya apa saja keunggulan dari karpet tile sehingga Anda mesti membelinya? Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus memiliki karpet tile.

Varian Karpet Tile Banyak

Anda tak bakal kehabisan motif karpet tile yang bisa dipilih. Bahkan, mungkin saja Anda justru kebingungan menentukan pilihan lantaran corak karpet tile yang sangat banyak. Hal ini pun akan mempermudah untuk membuat variasi motif pada setiap ruangan kantor ataupun hunian Anda.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa membuat tema tersendiri dari setiap ruangan. Caranya adalah dengan menggunakan varian motif karpet tile yang berbeda di setiap ruang. Tentunya Anda tetap harus memperhatikan dekorasi interior yang sudah ada pada ruangan, ya. Anda pun mesti mempertimbangkan faktor fungsi ruangan dalam menentukan corak karpet tile yang akan dipakai.

Perawatan Karpet Tile yang Mudah

Berbeda dengan karpet biasa, karpet tile mudah dari sisi perawatan dan pemeliharaan. Pasalnya, kalau pun ada bagian karpet yang terkena noda, Anda cukup memindahkan bagian yang kotor tersebut untuk dicuci atau dibersihkan dengan cara khusus.

Selain itu, permukaan yang padat dan tidak berbulu panjang, membuat karpet ini mudah disapu dan di bersihkan. Anda pun tidak membutuhkan banyak waktu dan energi dalam menjaga karpet tetap bersih.

Mudah Mengganti Karpet Tile

Karena karpet tile dibuat dalam bentuk satuan seperti ubin, maka Anda bisa menggantinya dengan mudah. Anda tak mesti mengganti keseluruhan karpet, melainkan hanya di bagian yang rusak saja. Hal ini jelas akan menghemat tenaga juga biaya dalam ketimbang penggunaan karpet atau alas lantai jenis lainnya.

Karpet Tile Tidak Licin

Karpet tile dilengkapi dengan lapisan antiselip yang membuatnya tidak licin ketika diinjak. Meski tersedia dalam bentuk kotak-kotak kecil seperti ubin, tapi karpet tile tidak gampang bergeser ketika dipasang.

Karpet Tile Awet

Karpet tile dibuat dari bahan polipropilen yang kuat dan tahan lama. Bahan ini dikenal tidka mudah berubah bentuk, warna dan teksturnya. Maka bisa dikatakan bahwa Anda telah memilih investasi dekorasi ruangan yang tepat ketika memutuskan untuk memakai karpet tile.

Padu Padan yang Mudah

Berbeda dengan karpet lain, ketika menggunakan karpet tile maka Anda bisa lebih bebas berkreasi. Bahkan Anda bisa memadukan dua corak sekaligus dalam pemasangannya. Dalam hal ini, beberapa distributor karpet kerap menyediakan jasa konsultasi desain interior terkait pemilihan corak yang tepat.

Cara Memilih Karpet Tile yang Baik

Selain dengan membelinya di penjual karpet terpercaya, dalam memilih karpet tile yang baik maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut, yaitu:

Tentukan Warna dan Corak dari Karpet Tile

Penentuan warna dan corak karpet tile akan banyak dipengaruhi oleh dekorasi dan pemilihan warna dinding serta furnitur yang sudah ada di dalam ruangan. Jenis dan fungsi ruangan juga mesti masuk dalam poin pertimbangan Anda ketika menentukan corak karpet tile.

Ukuran dan Ketebalan Karpet Tile

Anda perlu memperhatikan pula faktor pencahayaan ruangan yang akan dipasangi karpet. Ruangan dengan pencahayaan yang redup sebaiknya dipasangi karpet tile dengan corak dan warna yang terang. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memilih karpet yang lebih tipis untuk ruangan yang sering dilalui banyak orang. Tujuannya agar Anda tak kesulitan dalam hal pemeliharaannya.

Merek Karpet Tile

Beberapa merek mempunyai kualitas karpet yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam hal ini, pastikan Anda meluangkan waktu untuk membandingkan antara merek yang satu dengan yang lain. Sediakan juga wkatu untuk bertanya dan berkonsultasi dengan pakar di bidang desian interior. Khususnya bila karpet tile akan dipakai untuk ruang kantor Anda.

Harga Karpet Tile

Harga jelas akan banyak berpengaruh terhadap jenis karpet tile yang akan Anda beli. Kesesuaian harga dengan karpet yang Anda inginkan adalah hal yang penting. Untuk itu, lakukan survei dengan membandingkan beberapa karpet yang ditawarkan oleh penjual yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Karpet Bulu, Ornamen Rumah yang Cantik Sekaligus Nyaman untuk Bersantai

Cara Merawat Karpet Tile yang Tepat

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, perawatan karpet tile termasuk mudah untuk dilakukan. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner secara rutin setiap hari.

Jika terdapat noda pada karpet, Anda dapat membersihkannya dengan larutan deterjen. Caranya hanya dengan menggosok bagian yang terkena noda dengan lap bersih yang telah diberikan larutan deterjen. Namun pastikan setelah membersihkannya, Anda kembali mengeringkan bagian karpet yang basah supaya tidak berjamur.

Ketika Anda telah memutuskan untuk menggunakan karpet tile, sebaiknya pertimbangkan baik-baik apakah akan memasangnya secara permanen dengan lem khusus. Hasil pemasangan jelas akan lebih rapi jika Anda mengaplikasikan lem. Akan tetapi, penggantian karpet tile di waktu yang akan datang jelas lebih sulit. Demikian pembahasan karpet tile dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

%d bloggers like this: