Cara Mendapatkan Karpet Permadani Terbaik untuk Hunian Anda

Ada lebih dari satu cara untuk meningkatkan tampilan hunian Anda. Mulai dari menambah dekorasi berupa perabotan, hiasan dinding, mengganti wallpaper, hingga meletakkan karpet di lantai. Selain karpet bulu, dan karpet tile, tak dapat dimungkiri, karpet permadani ala Turki sanggup menimbulkan nuansa eksklusif dan elegan di ruangan rumah Anda.

Karpet permadani klasik memang masih menjadi pilihan utama sebagai pelengkap dekorasi interior ruangan tamu, areal keluarga, hingga kamar tidur. Terlebih bila bujet Anda pun mencukupi. Pasalnya, harga permadani berkualitas terbilang tinggi. Jauh di atas karpet atau ambal biasa yang ditawarkan di pasaran.

Meski demikian, bukan tak mungkin untuk bisa memilikinya. Anda bisa memilih jenis permadani sesuai bujet yang dimiliki. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa varian karpet permadani yang beredar di pasaran.

Aneka Jenis Karpet Permadani

Jenis karpet permadani tidaklah dibedakan berdasarkan corak atau modelnya. Lebih dari itu, pengelompokkan permadani dititikberatkan pada ukurannya. Perihal bahan dan kualitas jahitan, Anda tak perlu cemas. Alasannya, semua karpet permadani asli dari Turki memiliki standar material dan jahitan yang kuat.

Berikut ini adalah jenis-jenis karpet permadani Turki berdasarkan ukurannya.

Karpet Permadani Berukuran 120cmx170cm

Permadani klasik ini cocok untuk rumah dengan ukuran ruang tamu yang kecil. Umumnya, peletakan karpet ini dipasangkan dengan meja kopi kecil dengan permukaan kaca. Tujuannya agar corak karpet tidak terhalangi oleh meja dan tamu tetap dapat melihat karpet dengan jelas.

Permadani Berukuran 160cmx230cm

Ukuran permadani yang sedang seperti ini, tepat bila ditempatkan di ruang tamu, kamar tidur, maupun ruang berkumpul keluarga. Untuk corak, Anda bisa memilihnya dengan menyesuaikan di mana karpet nantinya akan ditempatkan.

Misalnya, untuk peletakan di ruang tidur anak, pilihlah permadani dengan warna cerah. Lain halnya bila karpet akan ditempatkan di ruang tamu atau ruang kumpul keluarga. Pada kedua lokasi ruangan ini, warna netral cenderung gelap biasanya akan lebih cocok.

Alasannya karena ruang keluarga akan sering dilalui orang. Bila menggunakan warna karpet yang gelap akan menyembunyikan kesan kumal dan tidak akan mudah terlihat kotor.

Karpet Permadani Berukuran 200cmx300cm

Meski terbilang lebar, tetapi karpet berukuran 200cmx300cm relatif bisa disiasati. Anda bisa meletakkan permadani ini di ruang tamu. Jika ruang tamu terbilang sempit sedangkan Anda menggunakan sofa, maka sofa bisa diletakkan di atas permadani. Dengan demikian, akan timbul kesan seolah area sofa lebih luas.

Karpet ukuran 200cmx300cm pun sangat cocok diletakkan pada ruangan tanpa furnitur, alias ruangan yang diperuntukkan duduk lesehan. Ukurannya yang lebar, membuat anggota keluarga merasa lebih leluasa untuk bermain atau sekadar duduk sambil menonton tv bersama-sama.

Permadani Berukuran 300cmx400cm

Bagi Anda yang memiliki ruangan berukuran lebar dan lapang, karpet ukuran 300cmx400cm memang yang paling ideal untuk digunakan. Apalagi jika keluarga Anda menyukai konsep ruangan tanpa sofa atau kursi, maka fungsi karpet ini akan dapat dioptimalkan.

Umumnya karpet berukuran ini relatif lebih tebal dan empuk. Anda dan keluarga pun akan merasa betah duduk dan bersantai di atasnya. Meski begitu, permadani seukuran 300cmx400cm cukup berat untuk diangkat. Umumnya bobot karpet selebar ini mencapai 50kg. Itu pun bila kualitas karpet termasuk tinggi.

Karpet Permadani Berukuran 400cmx600cm

Karpet ukuran jumbo ini memang umumnya dipergunakan untuk acara-acara resmi, termasuk pernikahan. Ukurannya yang sangat lebar, menjadikan permadani jenis ini kerap dipasang di lobby hotel berbintang.

Bukan cuma itu, para event organizer pun banyak yang mengandalkan karpet berukuran jumbo ini untuk menambah nuansa elegan dalam acara lamaran, pertunangan, pernikahan, hingga syukuran maupun hajatan lainnya.

Perlu Anda ketahui, karpet ukuran 400cmx600cm ini punya bobot mencapai 100kg. Hal ini disebabkan karena permadani jenis ini punya ketebalan yang sedang. Maka wajar saja jika untuk mengangkat karpet jumbo ini dibutuhkan setidaknya 4 orang lelaki dewasa yang kuat.

Kenapa Harus Membeli Karpet Permadani?

Setelah mengetahui beberapa jenis dari permadani, kini kita akan membahas mengapa Anda memerlukan setidaknya satu permadani di rumah Anda. Berikut beberapa poin penting kenapa Anda harus membeli permadani.

Dengan Membeli Karpet Permadani, Anda Bisa Berhemat

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa dengan membeli permadani justru kita dapat berhemat. Alasannya sederhana. Alih-alih mesti merombak dekorasi, mengganti lantai, membeli furnitur baru, atau mengubah warna dinding dengan cat atau wallpaper baru, Anda cukup mengganti alas lantai dengan permadani.

Karpet permadani mampu mengubah nuansa dan citra ruangan seketika. Ruangan pun bisa diubah hanya dengan mengganti corak permadani yang Anda gunakan. Tak perlu mengubah dekorasi secara permanen. Biaya yang perlu Anda keluarkan pun akan lebih rendah. Jadi, terjawablah alasan mengapa Anda bisa berhemat hanya dengan memiliki dua bahkan empat corak permadani yang berbeda.

Karpet Permadani Memberi Kesan Elegan

Anda mungkin sepakat bila dikatakan bahwa permadani klasik mampu mengubah nuansa ruangan menjadi lebih elegan. Tampilan ruangan rumah pun tampak lebih berkelas. Itulah mengapa, karpet permadani jelas mempunyai keunggulan ketimbang alas lantai atau ambal jenis lainnya.

Karpet Permadani Awet

Jika Anda memilih karpet permadani dengan merek dan kualitas asli Turki, maka karpet tersebut mempunyai kelebihan sifat material yang awet dan tahan lama bahkan juga resisten terhadap jamur. Hal ini tak lain karena jenis bahan, hingga teknik jahitan yang kuat. Berbeda dengan kualitas lokal yang tak jarang lebih cepat aus dan rusak dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun pemakaian.

Karpet Permadani Bisa Menjadi Investasi

Siapa bilang karpet tak dapat menjadi barang investasi yang bernilai. Perlu Anda ketahui bahwa karpet klasik yang asli akan menggunakan material wool yang semakin terlihat cantik dan berkelas seiring usianya bertambah.

Apalagi di mata kolektor, permadani klasik justru akan meningkat harganya tatkala umurnya semakin tua. Hal ini bisa menjadi pertimbangan tambahan mengapa Anda memerlukan setidaknya satu koleksi permadani berkualitas tinggi yang asli dan buatan impor.

Baca Juga: Mau Beli Karpet Cendol? Simak Dulu Informasinya di Sini!

Cara Memilih Karpet Permadani yang Baik

Berbicara soal permadani berkualitas, tidak semua orang mampu mengenali mutu sebuah karpet dengan baik. Kalau tak teliti, yang ada Anda tertipu dengan membeli permadani murah yang dibandrol mahal. Itulah sebabnya maka anda perlu memberli karpet permadani di penjual karpet terpercaya. Selain itu, simaklah juga tips bagaimana memilih permadani yang bermutu bagus berikut ini.

Teknik Pewarnaan Karpet Permadani

Warna karpet tampak cerah dan menarik? Tunggu dulu! Jangan terburu-buru dan langsung membelinya. Anda mesti menanyakan terlebih dulu kepada pihak penjual jenis pewarna yang digunakan untuk karpet.

Carilah yang menggunakan pewarna alami. Dalam hal ini, tampilan warna terlihat lebih halus dan tidak mencolok. Mengapa utamakan pewarna alami? Karena jenis pewarnaan alami akan bertahan jauh lebih lama. Bahkan karpet dengan pewarnaan alami dapat bertahan lebih dari 300 tahun.

Pilihan Material Karpet Permadani

Penggunaan material karpet yang bermutu biasanya mengandalkan bahan alami dan bukan sintetik. Sebagai contoh, material wool, katun, dan sutra yang dikombinasikan umumnya menghasilkan tekstur yang lebih halus dan lembut.

Kualitas yang satu ini memang bisa Anda rasakan secara langsung ketika menyentuh permukaan permadani. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk menanyakan jenis material karpet yang Anda inginkan kepada pihak penjual.

Simpul Karpet Permadani

Pada bagian lapisan permadani bisa Anda lihat adanya simpul-simpul. Simpul ini bisa menjadi petunjuk tingkat kualitas dari permadani. Jumlah simpul yang banyak akan meningkatkan kekuatan karpet dan tentu juga menunjukkan kerumitan proses pembuatannya. Dalam hal ini, permadani tak hanya akan semakin bermutu tapi juga kian bernilai tinggi.

Cara Merawat Karpet Permadani Supaya Awet

Ketika Anda telah membeli permadani yang diinginkan, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan dan perawatan yang tepat. Sayangnya, cara perawatan yang bisa dilakukan untuk karpet permadani—terlebih yang berkualitas tinggi—cukup menyita tenaga dan biaya.

Akan tetapi perawatan ini sepadan dengan nilai dan ketahanan karpet yang akan semakin panjang. Cara perawatan yang bisa Anda lakukan antara lain:

Menjemur Karpet Permadani

Jemurlah di bawah sinar matahari yang tidak terik agar karpet bebas jamur. Saat menjemur, Anda bisa menepuk perlahan bagian permukaan permadani agar debu halus yang hinggap dapat terlepas.

Bersihkan Karpet Permadani dengan Penyedot Debu

Untuk ukuran permadani yang cukup besar, Anda bisa mengandalkan bantuan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran di permukaan karpet. Lakukan vacuum cleaning secara rutin. Bahkan setiap hari.

Gunakan Jasa Laundry Karpet Permadani

Karpet permadani harus dibersihkan dengan jasa laundry atau dry cleaning setidaknya setahun dua kali. Bila akan disimpan, pastikan lokasi peletakannya tidak lembap dan jangan lupa untuk membungkus karpet dengan plastik dan berikan silica gell di dalam gulungan karpet secukupnya.

Memilih karpet permadani yang baik tak dapat dilakukan secara terburu-buru. Pastikan Anda tak meneysal atas pilihan karpet permadani yang akhirnya dibeli. Ingatlah, bahwa karpet permadani bermutu tinggi akan menjadi investasi yang menguntungkan di kemudian hari.

Leave a Comment

%d bloggers like this: