Salat Makin Khusyuk dengan Karpet Masjid Berkualitas

Bukan hanya sekadar dekorasi, karpet masjid memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kenyamanan jamaah tatkala beribadah. Jika untuk di rumah anda bisa memilih opsi karpet tile berkualitas, maka untuk masjid, para pengelola masjid perlu memilh karpet masjid yang berkualitas agar para jamaah betah berlama-lama di rumah Allah ini.

Karpet masjid pada dasarnya tak memiliki perbedaan yang berarti, bila dibandingkan dengan jenis karpet bulu shaggy. Terlebih corak dan desain karpet masjid biasanya memang berkiblat pada desain ala Turki. Demikian halnya dengan karpet masjid berkualitas yang identik dengan buatan Turki.

Karpet masjid pun mempunyai beberapa tipe corak. Ada yang lengkap dengan gambar kubah dan desain berupa bunga atau tanaman rambat. Ada pula yang polos dan hanya menggunakan desain sebagai pembatas shaf.

Yang manapun pilihan Anda, karpet masjid mestilah memenuhi standar kenyamanan saat digunakan. Itulah sebabnya, pengrajin karpet menyediakan beberapa varian yang dikelompokkan berdasarkan kelas material yang digunakan.

Variasi Karpet Masjid

Bila berbicara soal corak, maka tak akan ada habisnya varian model notif dari karpet masjid. Itulah sebabnya, bahasan varian akan dikhususkan pada tingkatan grade dari karpet masjid. Berikut ini adalah beberapa grade karpet masjid yang dapat Anda pilih.

Karpet Masjid Grade A

Pada karpet masjid grade A, ketebalan karpet berkisar pada 14mm sampai dengan 15mm. Karpet ini berasal dari Turki, sehingga dijamin nyaman, halus, dan tebalnya pas. Bukan cuma itu, bila dilihat dari segi tampilan, baik warna maupun corak karpet grade A akan terlihat lebih menyala, eksklusif, dan elegan.

Karpet Masjid Grade B

Untuk karpet masjid grade B, tingkat ketebalan karpetnya lebih rendah yakni 13mm. Berdasarkan kelasnya, karpet grade B ada yang lokal dan ada pula yang asli diimpor dari Turki. Dari sisi tekstur, karpet ini terasa lembut dan cukup nyaman untuk digunakan.

Karpet Masjid Grade C

Karpet masjid dengan level C, memiliki ketebalan antara 8mm, 10mm, dan 11mm. Ada tiga kelas dalam grade ini, untuk kelas pertama masih diimpor dari Turki, sedangkan karpet grade C kelas dua dan tiga merupakan karpet buatan lokal.

Karpet Masjid Grade D

Inilah jenis karpet masjid yang paling umum ditemui di berbagai musala kecil. Meski tetap nyaman untuk digunakan, akan tetapi ketebalan karpet terbilang sangat rendah. Karpet grade D ini hanya berdimensi 1,05m x 5,7m per roll-nya.

Kenapa Harus Membeli Karpet Masjid?

Tadi kita telah membahas mengenai varian karpet masjid yang tersedia di pasaran. Sekarang, tahukah Anda kenapa karpet masjid dibutuhkan? Berikut beberapa alasan yang kami rangkumkan.

Memudahkan Ibadah

Karpet masjid merupakan bagian dari masjid yang tidak terpisahkan. Pasalnya, karpet masjid memang didesain untuk memudahkan para jamaah dalam merapikan shaf saat menunaikan salat.

Bayangkan bila masjid memutuskan untuk menggunakan karpet polos tanpa bantuan pembatas apapun. Pastinya, para pengurus masjid hingga imam akan kesulitan untuk membantu makmum agar bisa tertib serta berdiri dalam posisi yang tepat sesuai arah kiblat.

Terlebih jika makmum juga membawa anak-anak yang lebih membutuhkan pengarahan secara visual. Maka, jelaslah bahwa karpet masjid yang telah dilengkapi dengan corak yang berfungsi sebagai pembatas, akan banyak membantu jamaah.

Menghemat Waktu

Saat waktu azan dan iqomat kemudian berkumandang, jamaah bisa langsung bersiap dan mengambil posisi sesuai batasan yang terlihat dari karpet masjid. Shaf akan rapi dalam tempo yang lebih singkat, dan hanya dibutuhkan sedikit pengingat dan pengarahan dari imam agar jamaah tertib posisinya.

Lebih Nyaman

Masjid adalah tempat beribadah. Selayaknya jamaah betah berlama-lama berada di dalam masjid untuk mengaji, salat, maupun mengikuti kajian yang diadakan oleh pengelola masjid. Dalam hal ini, karpet akan meningkatkan kenyamanan jamaah saat duduk di masjid.

Tidak Licin

Usai berwudhu, tak jarang kaki masih terasa dingin dan lembap. Dengan adanya karpet, kaki jamaah akan lebih mudah kering dan hangat. Ibadah salat pun dapat tertunaikan dengan lebih nyaman.

Apalagi bila jamaah adalah anak-anak yang kadang suka berlarian di dalam masjid. Kehadiran karpet akan meminimalisasi risiko anak terjatuh saat berada di masjid. Anak pun merasa nyaman dan betah mengikuti orang tuanya ke masjid.

Cara Memilih Karpet Masjid yang Bagus

Lalu, bagaimana cara untuk bisa memilih karpet masjid yang bagus? Anda tak perlu bingung. Selain cukup dengan membeli karpet masjid di penyedia karpet masjid berkualitas, ikuti juga beberapa tips jitu yang kami sediakan di bawah ini.

Spesifikasi Bahan Karpet

Karpet masjid akan sering digunakan setiap hari. Untuk itu, perhatikan bahan yang digunakan oleh pengrajin karpet. Pilihlah jenis bahan yang kuat, tahan lama, mudah dibersihkan, dan tahan jamur. Anda bisa mencari tahu soal ini kepada pihak penjual, atau bahkan mencari informasi secara daring.

Ukuran Karpet Masjid

Ukuran karpet masjid akan sangat memengaruhi kenyamanan saat menunaikan salat. Pasalnya, tak jarang karpet yang dijual murah, malah mempunyai ukuran panjang yang pas-pasan. Akibatnya, ketika jamaah rukuk, tak jarang jamaah di depannya malah tersundul.

Demikian halnya dengan lebar dari karpet. Meski hal ini bisa disiasati dengan memilih corak tanpa pembatas samping, akan tetapi Anda tetap harus melakukan pengukuran yang menyeluruh.

Untuk itu, pastikan Anda melakukan survei ukuran yang paling tepat dan sesuai untuk karpet masjid. Tak ada salahnya untuk melakukan survei ke masjid lain atau berdiskusi dengan pengrajin yang tepercaya.

Kesesuaian Desain Karpet Masjid

Desain atau corak karpet masjid haruslah dicocokkan dengan interior dari masjid. Umumnya orang memilih warna yang senada dan sesuai dengan ornamen masjid. Hal ini juga bergantung pada selera pengelola masjid. Namun, akan lebih baik bila menggunakan karpet dengan warna-warna yang gelap agar tak mudah terlihat kusam dan kotor.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Karpet Permadani Terbaik untuk Hunian Anda

Cara Merawat Karpet Masjid Agar Tahan Lama dan Awet

Karpet masjid akan sering terinjak dan dipakai setiap hari. Bahkan lebih dari lima kali dalam kurun waktu 24 jam. Itulah sebabnya Anda perlu menaruh perhatian ekstra untuk menjaga penampilan karpet masjid agar tak terlihat kumal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan karpet masjid agar awet dan tetap bagus dalam waktu yang lama.

Membersihkan Karpet dari Debu

Untuk membersihkan karpet dari debu dan tungau yang mungkin ada, Anda bisa menggulung karpet, lalu mengibasnya di ruangan terbuka. Gunakan sapu lidi dan tepuk-tepuk bagian depan dari karpet. Lalukanlah dengan kekuatan sedang, agar tidak merusak permukaan bulu halus dari karpet Anda.

Selain cara manual tersebut, Anda pun bisa menggunakan vacuum cleaner. Caranya mudah, cukup nyalakan vacuum cleaner dan bersihkan debu di permukaan karpet. Cara ini memang lebih mudah dan efektif, terlebih bila ukuran karpet yang dimiliki sangat besar.

Membersihkan Noda pada Karpet Masjid

Jika terdapat noda pada permukaan karpet segeralah bersihkan dengan menggunakan larutan detergen. Gunakan lap bersih yang dibasahi dengan larutan detergen lalu usapkan di atas bagian yang terkena noda. Lakukan beberapa kali hingga noda menghilang. Kemudian keringkan bagian yang basah dengan lap bersih yang kering.

Apabila noda cukup besar dan susah untuk dibersihkan, pilihan lain yang Anda miliki adalah dengan membawa karpet ke jasa laundry. Jasa dry cleaning cukup efektif dalam menghilangkan noda yang membandel pada permukaan karpet. Anda pun bisa melakukan hal ini setidaknya sebulan sekali.

Saat akan membeli karpet masjid, pastikan kembali model yang Anda pilih sesuai dengan desain atau warna ruang masjid. Akan lebih bijak bila Anda memilih warna-warna netral atau gelap, supaya bila sewaktu-waktu dilakukan perubahan dekorasi masjid, karpet tetap bisa dipertahankan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: