Mau Beli Karpet Cendol? Simak Dulu Informasinya di Sini!

Menggunakan karpet bisa menjadi opsi menarik untuk meningkatkan tampilan ruangan. Karpet bahkan bisa mewakili dekorasi yang menggambarkan kepribadian atau karakter penghuninya. Nah, jika untuk tempat ibadah anda percayakan dengan menggunakan karpet masjid berkualitas, maka untuk untuk hunian anda sendiri, kenapa tak coba karpet cendol yang sedang booming di pasaran?

Karpet cendol sebenarnya punya sebutan asli chenille carpet atau chenille rug. Namun, penyebutan karpet cendol justru lebih terkenal di kalangan masyarakat lantaran bentul permukaan karpet yang tampak serupa cendol.

Karpet cendol ini sebenarnya masih satu keluarga dengan varian karpet bulu. Akan tetapi, alih-alih menggunakan helaian bulu, karpet cendol memakai helai tebal berupa microfiber yang empuk bila diinjak.

Karpet cendol bisa ditemukan hampir di seluruh pengrajin karpet di tanah air. Pasalnya, popularitas karpet jenis ini sedang kian naik. Pembelian karpet ini dalam motif dan warna beragam pun banyak dilakukan oleh konsumen dari berbagai kalangan.

Dari sisi bahan, karpet cendol dibuat dari bulu sintetik dengan lapisan dalam busa, sehingga menjadikannya empuk saat diinjak. Sedangkan bagian bulu dan lapisan karpetnya dibuat dari bahan polipropilene, agar awet dan tahan lama. Untuk bagian bawahnya, karpet cendol lazim dilengkapi dengan lapisan antislip. Tujuannya, agar karpet tak mudah bergeser dan tidak licin ketika diinjak.

Macam Varian Karpet Cendol

Nyaris seluruh karpet cendol yang ditawarkan di pasaran dibuat dari material serupa. Perbedaan biasanya terletak pada tingkat kualitas atau grade dari material yang dipakai, hingga teknik jahitan dan penempelan dari lapisan karpet.

Namun, secara garis besar ada 2 varian utama yang ditawarkan oleh para pengrajin dan penjual karpet cendol. Varian ini dibuat berdasarkan tampilan warna dan corak dari karpet cendol.

Karpet Cendol Glossy

Sesuai namanya, karpet cendol glossy mempunyai tampilan warna yang lebih terang dan tegas. Umumnya varian ini akan terlihat lebih mengkilap dan eksklusif ketimbang varian doff. Warna atau corak terlihat lebih menyatu dengan bulu dari karpet.

Karpet Cendol Doff

Lain halnya dengan karpet cendol glossy, jenis doff mempunyai tampilan warna yang cenderung gelap dan corak dengan warna yang lebih redup. Tampilan warna tetap terlihat cantik namun biasanya terlihat kurang “hidup”.

Karpet Cendol Karakter

Untuk varian yang satu ini, dibedakan berdasarkan corak yang digunakan. Karpet cendol karakter bisa dibuat berdasarkan tokoh rekaan baik kartun atau animasi yang disukai anak. Dari sisi pewarnaan, calon pembeli pun dapat menentukan apakah akan menggunakan jenis doff atau glossy.

Uniknya, karpet cendol karakter tak jarang dibuat dalam bentuk mengikuti karakter yang dibuat. Jenis karpet cendol karakter pun umumnya dijual sepaket dengan bantal dan guling untuk bersantai.

Kenapa Harus Memilih Karpet Cendol?

Ada banyak pilihan alas lantai selain karpet cendol. Namun, nyatanya banyak peminat karpet bertekstur empuk ini. Selain dikarenakan membelinya dari penjual karpet terpercaya, kira-kira apa yang menjadi alasan orang memilih karpet cendol? Berikut beberapa kelebihan karpet ini dibandingkan jenis karpet lain.

Karpet Cendol Terbilang Unik

Tampilannya memang terbilang unik. Terlebih ragam corak dan warna yang tersedia di pasar pun semakin beragam. Jelas karpet ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk hunian Anda.

Karpet Cendol Terasa Lembut

Karpet cendol ini tak kalah bila dibandingkan dengan karpet bulu lainnya. Selain lebih enak dipegang, bulu pada karpet cendol pun lebih tidak mudah lepas dan nyaman bila terinjak atau dipegang.

Karpet Cendol Lebih Empuk dan Tebal

Jika ketebalan karpet bulu umumnya mencapai 4cm, maka untuk karpet cendol ketebalan bila melebihi 5cm. Rasanya, lebih empuk dan enak untuk digunakan saat duduk lesehan atau bersantai sambil menonton televisi bersama keluarga. Selain itu, karena lebih tebal maka karpet cendol pun lebih bisa menahan panas, sehingga saat diduduki terasa hangat.

Harga Karpet Cendol Relatif Terjangkau

Ketimbang mengincar karpet Turki yang berharga tinggi, Anda bisa menghemat bujet dengan membeli karpet cendol. Tampilannya yang tak kalah cantik pun bisa melengkapi dekorasi rumah Anda, tanpa memerlukan biaya lebih mahal.

Cara Memilih Karpet Cendol yang Bagus

Tingginya peminat karpet cendol menyebabkan banyak pula pedagang yang menawarkan produk dekorasi rumah ini. Lalu, bagaimana cara memilih karpet cendol yang bagus? Simak tips untuk memilih karpet cendol yang kami siapkan di sini.

Perhatikan Kualitas Bahan Karpet Cendol

Bahan yang berkualitas akan memengaruhi ketahanan dari karpet bulu yang akan Anda beli. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk menanyakan jenis bahan dan mencari tahu terlebih dulu bahan karpet yang terbaik di pasaran.

Kekuatan Jahitan Karpet Cendol

Jangan ragu untuk memegang karpet yang akan dibeli. Bahkan periksalah jahitan di bagian tepi hingga ke bagian belakang (lapisan bawah) dari karpet cendol. Paeriksa kerapatan jahitan atau pengeleman lapisannya. Jika terlihat tidak rapi atau terlalu renggang, lebih baik urungkan niat Anda untuk membelinya.

Kemudahan Pemeliharaan Karpet

Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan bahan yang digunakan dalam membuat karpet cendol. Beberapa bahan memiliki teknik khusus untuk perawatan dan pemeliharaannya. Memang, hampir semua pedagang akan menyatakan barang yang dijual mudah untuk dipelihara. Dalam hal ini, Anda bisa mencari tahu teknik perawatan karpet cendol dari kawan yang telah membeli atau informasi secara online.

Kesesuaian Ukuran Karpet Cendol

Poin yang satu ini dipengaruhi oleh ruangan mana yang akan digunakan untuk peletakan karpet cendol. Agar tak salah pilih, sebaiknya ukurlah panjang dan lebar ruangan yang akan dipasangi karpet.

Harga yang Sepadan dari Karpet Cendol

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, maka Anda mesti rajin membandingkan penawaran karpet cendol dari pedagang yang satu dengan yang lain. Selain harga, perhatikan pula jenis dan karakteristik karpet cendol yang ditawarkan. Pastkan harga yang akan Anda bayarkan sepadan dengan apa yang akan diperoleh.

Baca Juga: Karpet Tile untuk Kemudahan Dekorasi Ruangan Anda

Cara Merawat Karpet Cendol

Nah, bila karpet cendol sudah dimiliki, langkah yang mesti dilakukan secara rutin adalah merawatnya. Dengan melakukan perawatan karpet secara berkala, Anda akan terhindar dari alergi atau gangguan kesehatan akibat kotoran, debu, bahkan tungau yang terperangkap di dalam karpet.
Bukan cuma itu, Anda pun bisa menjaga penampilan karpet tetap cantik dan fungsional dengan melakukan pemeliharaan yang tepat. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk merawat karpet cendol yang dimiliki.

Membersihkan Karpet Cendol dengan Vacuum Cleaner

Anda bisa memakai vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran berupa debu atau partikel kecil lainnya. Saat membersihkan karpet cendol dengan penghisap debu, pastikan Anda melakukannya searah. Tujuannya agar tidak ada helai karpet yang tersangkut ke penghisap debu.

Men-Dry Cleaning Karpet Cendol

Jika yang Anda miliki hanyalah keset cendol, mencucinya sendiri masih memungkinkan untuk dilakukan. Lain halnya untuk karpet cendol. Anda bisa menggunakan jasa dry cleaning untuk membersihkan karpet cendol secara menyeluruh.

Mengebaskan Karpet Cendol

Untuk perawatan harian, Anda bisa mengebaskannya di luar rumah atau pekarangan. Hindari memukul atau menepuk karpet cendol menggunakan sapu, karena bisa merusak serat karpet.

Karpet cendol memang sangat menarik untuk dimiliki. Ragam corak dan modelnya bisa membuat betah Anda juga keluarga. Namun, pastikan saja Anda membeli karpet cendol yang berkualitas dari pedagang yang tepercaya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: