Mengenal Karpet Bulu, Ornamen Rumah yang Cantik Sekaligus Nyaman untuk Bersantai

Siapa sih yang tak ingin rumahnya tampak semakin nyaman dan apik? Hampir semua orang berupaya untuk menambah berbagai ornamen penghias rumah, agar semakin membuat betah para penghuninya. Nah, salah satu dekorasi rumah yang sedang ramai dibicarakan adalah karpet bulu.

Karpet bulu sendiri sebenarnya merupakan alas lantai yang dibuat dengan permukaan berlapiskan bulu sintetis (synthetic fur). Jika Anda pernah mendengar tentang dekorasi rumah yang satu ini dan berniat untuk membelinya, maka tahan sebentar. Sebaiknya, Anda kenali dulu serba-serbi tentang karpet bulu dalam ulasan yang kami siapkan berikut ini.

Beberapa Varian Karpet Bulu

Sebagai salah satu primadona dekorasi rumah, karpet cendol dan karpet bulu punya beberapa varian yang tentunya membuat konsumen lapar mata. Namun khusus untuk karpet bulu, selain keunikan tampilan, tekstur yang bervariasi pun turut menambah minat pembeli. Tak heran bila kebanyakan konsumen, menambah koleksi karpet bulu di rumahnya.

Jadi, langsung saja kita cek apa varian karpet bulu yang ada di pasaran?

Karpet Bulu Minimalis

Sering juga disebut sebagai karpet bulu polos, jenis ini terbilang laku di pasaran. Selain karena menggunakan satu jenis warna, atau berupa gradasi warna tertentu, varian ini relatif lebih mudah dipadupadankan dengan dekorasi rumah lain.

Bila Anda memilih karper bulu minimalis ini, penggantian furnitur bisa dilakukan tanpa perlu mempertimbangkan untuk mengubah karpet bulu. Anda bisa memilih warna-warna netral, atau sewarna dengan cat pada dinding ruangan rumah.

Bukan cuma itu. Sedikitnya modifikasi pada jenis karpet bulu ini, menjadikan harganya pun relatif lebih rendah. Namun, tentu saja harga juga akan dipengaruhi oleh ukuran karpet bulu yang akan Anda beli. Semakin lebar, tentu harga akan kian naik.

Begitu pula dengan tingkat ketebalannya. Beberapa jenis karpet bulu ini ada yang tersedia dengan lapisan busa yang cukup tebal sehingga lebih empuk.

Karpet Bulu Karakter

Varian yang satu ini paling banyak diincar oleh para orang tua untuk menghiasi kamar sang buah hati. Karakter yang tersedia pun sangat beragam. Mulai dari Hello Kitty, Minion, hingga beragam tokoh superhero bahkan Tayo si bus mini.

Bahkan beberapa pengrajin karpet ini ada yang membuka sistem purchase by order (PO). Artinya, Anda bisa memesan karakter seperti apa yang diinginkan untuk dibuat, berikut ukuran dan ornamen yang disukai. Ornamen tambahan yang kerap dibuat adalah nama anak. Tentu, lagi-lagi ini akan berpengaruh pada harga jualnya.

Karpet bulu karakter juga umumnya dijual dalam bentuk paket. Paket karpet ini biasa dijual beserta bantal dan guling bersarung bulu serupa dengan karpetnya.

Karpet Bulu Rasfur

Jenis karpet bulu ini terlihat lebih pendek dan rapi. Teksturnya sama, halus dan lembut. Karpet bulu rasfur pun tersedia dalam varian polos atau karakter tertentu. Jika karpet bulu minimalis mempunyai permukaan bulu yang serupa bulu kucing, maka karpet bulu rasfur tidak demikian. Ini menjadikan karpet bulu rasfur lebih mudah untuk dibersihkan.

Lapisan bawah karpet dibuat dengan bahan poliester lengkap dengan lapisan antislip, agar tidak licin. Untuk lapisan dalamnya, digunakan bahan busa khusus yang membuatnya cukup empuk ketika diinjak.

Karpet Bulu Shaggy

Jenis karpet ini mempunyai motif dan kombinasi bahan yang beragam. Jenis karpet ini halus dan tidak terlihat tebal. Karpet bulu shaggy yang berkualitas terbaik berasal dari Turki. Corak yang digunakan pada karpet ini pun terkenal elegan dan eksklusif. Karpet bulu ini pun juga diketahui lebih awet dan kuat ketimbang jenis karpet bulu lainnya. Terlebih bila Anda membeli karpet bulu shaggy yang asli buatan Turki.

Kenapa Harus Membeli Karpet Bulu?

Lalu, kenapa Anda mesti membeli karpet bulu? Perlu Anda ketahui, karpet bulu memang mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki alas lantai atau tikar biasa. Berikut beberapa kelebihan karpet bulu yang membuat Anda harus memilikinya.

Karpet Bulu Memberikan Kesan Mewah

Karpet bulu mempunyai kesan mewah yang bisa meningkatkan tampilan rumah Anda. Tidak hanya terlihat lebih elegan, karpet bulu pun umumnya lebih mudah dipadukan dengan furnitur berkelas.

Karpet Bulu Sangat Nyaman Digunakan

Anda yang mengutamakan kenyamanan saat bersantai tentu tahu, bahwa karpet bulu adalah pilihan yang terbaik. Bandingkan saja tingkat kenyamanan duduk di atas lantai beralaskan tikar dengan yang dilapisi oleh karpet bulu.

Model Karpet Bulu Bervariasi

Model dan corak karpet bulu sangatlah banyak. Anda pun bisa memesan khusus sesuai dengan preferensi keluarga atau anak. Anda pun bisa menyesuaikan corak atau varian karpet bulu dengan desain interior ruangan atau kamar rumah.

Bentuk Karpet Bulu Relatif Unik

Tak hanya coraknya yang beragam, karpet bulu pun bisa Anda dapatkan dengan bentuk-bentuk yang unik. Bahkan tak jarang para pengrajin karpet bulu sengaja membuat karpet berbentuk karakter kartun atau animasi untuk menarik minat anak-anak.

Baca Juga: Salat Makin Khusyuk dengan Karpet Masjid Berkualitas

Tips Memilih Karpet Bulu yang Bagus

Setelah membahas mengenai macam-macam varian karpet bulu hingga alasan untuk membelinya, maka kini Anda perlu pula mengetahui cara memilih karpet. Cukup percayakan karpet bulu untuk rumah anda dengan membelinya di toko karpet berkualitas. Selain itu ikutilah tips berikut tentang bagaimana memilih karpet bulu yang bagus.

Ketahui Fungsi Ruangan

Saat akan membeli karpet, pastikan Anda menentukan dulu di mana karpet tersebut akan diletakkan. Ruangan akan sangat memengaruhi pemilihan jenis karpet, sehingga penggunaannya akan optimal dan karpet pun akan tahan lama.

Karpet bulu yang lembut dan tebal cocok untuk diletakkan pada kamar tidur. Lain halnya dengan ruang kumpul keluarga, yang lebih sesuai bila menggunakan jenis karpet dengan bulu yang pendek.

Hindari penggunaan karpet bulu di ruang makan. Alasannya tak lain adanya risiko makanan tumpah ke atas karpet. Anda bisa kesulitan membersihkannya atau bahkan merusak tekstur karpet.

Sesuaikan Karpet Bulu dengan Dekorasi Ruang

Jangan memilih karpet dengan motif ramai pada ruang yang sempit atau mempunyai banyak perabotan. Hal ini akan membuat ruang terasa sesak dan mengurangi kenyamanan penghuninya.

Sebaliknya, gunakanlah karpet bulu bermotif atau bahkan model karakter bila ruangan lapang atau minim furnitur. Umumnya, karpet untuk kamar tidur lebih cocok menggunakan jenis yang polos, sedangkan ruang bermain anak dengan corak atau karakter favoritnya.

Bahan Karpet Bulu

Bahan karpet akan memengaruhi kesehatan penghuni rumah. Pasalnya, tak jarang karpet memakai material yang memancing reaksi alergi pada kulit bahkan saluran pernapasan.

Harga Karpet Bulu

Pertimbangkanlah kesesuaian harga dengan kualitas karpet. Jika bujet membatasi Anda, sebaiknya lakukan survei ke beberapa merek atau jenis karpet terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Pemeliharaan Karpet Bulu

Satu lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tingkat kesulitan dari pemeliharaan karpet. Jangan sampai karpet bulu yang Anda beli ternyata menguras energi dan waktu bahkan mungkin biaya, hanya untuk menjaganya tetap awet. Untuk mengetahui tingkat kesulitan pemeliharaan, Anda bisa menanyakan sedetail mungkin kepada penjual.

Cara Merawat Karpet Bulu

Terakhir, Anda mesti pula mengetahui cara yang tepat untuk merawat karpet bulu yang telah dibeli. Jika dilakukan dengan rutin dan tepat, karpet bulu Anda akan selalu terlihat cantik dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Tepuk dan Kibaslah Karpet Bulu

Untuk membersihkan dari kotoran yang kecil, Anda bisa mengibas dan memukul-mukul permukaan karpet di luar rumah. Gunakan sapu bersih dan tepuk perlahan permukaan karpet. Perhatikan agar jangan sampai merusak lapisan bulunya.

Menggunakan Larutan Cuka, Deterjen, dan Air pada Karpet Bulu

Noda pada karpet bulu bisa dihilangkan dengan menggunakan campuran air hangat yang telah ditambahkan deterjen dan cuka. Gunakan campuran tersebut dengan lap bersih lalu gosok perlahan di atas noda.

Memakai Penghisap Debu pada Karpet Bulu

Cara ini bisa Anda lakukan pula setiap hari. Namun, ada trik agar bulu-bulu di karpet tidak terhisap dan rusak. Caranya adalah dengan meletakkan sehelai kain tipis yang seratnya renggang diatas permukaan karpet saat akan dihisap debunya. Dengan demikian kotoran akan terangkat dari sela-sela kain tersebut.

Membeli karpet bulu adalah keputusan yang tepat untuk dilakukan asal Anda telah mempertimbangkan kebutuhan ruangan yang tersedia. Jangan lupa, cek pula kualitas karpet bulu yang Anda sukai sebelum membelinya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: